Selasa, 28 Oktober 2014

TIPS PERAWATAN CLODI (CLOTH DIAPERS)*


Cara Mencuci Clodi Sebelum Pemakaian Pertama Kali (prewash)


  1. Saat pertama kali memiliki clodi lakukanlah prewash. Prewash bisa dilakukan dengan mencuci menggunakan tangan atau menggunakan mesin cuci. Berbeda dengan pakaian biasa yang cukup dicuci sekali, prewash pada cloth diaper sebaiknya dilakukan minimal 3 kali (cuci – kering – cuci – kering- cuci – kering – pakai). Tujuan dilakukannya prewash adalah menghilangkan lapisan finishing pada proses pembuatan atau proses pengepakan. Selain membuat cloth diapers lebih sehat, penghilangan lapisan finishing ini juga membuat cloth diapers lebih mudah menyerap pipis dan noda pup sangat cloth diapers digunakan lebih mudah terangkat.
  2. Pilihlah deterjen yang tidak mengandung bahan pemutih atau pelembut. Dan gunakan takaran setengah dari saran pencucian yang disyaratkan deterjen. Hindari penggunaan sabun mandi karena mengandung lemak yang bisa mengurangi daya serap.
  3. Untuk clodi model Velcro atau perekat, sebelum mencuci tempelkan Velcro pada tab. Ini penting dilakukan agar Velcro tidak rusak saat pencucian, yang berarti memperpanjang usia Velcro.
  4. Jika clodi terkena pee saja cukup dengan mengguyurkan air banyak2 atau disemprot juga bisa sampai bau pee hilang, jangan dikucek kecuali membersihkan pup, pertama buang kotoran pup sampai bersih baru kemudian dikucek menggunakan detergen,  kadang pup masih meninggalkan noda tapi jangan khawatir dengan menjemur dibawah terik matahari secara alami akan menghilangkan noda.
  5. Pencucian bisa dilakukan secara manual atau menggunakan mesin cuci. Hindari menggunakan sikat pada proses pencucian. Sebisa mungkin pastikan bahwa proses pencucian tidak menyisakan deterjen, hingga perasan terakhir dicek bunda, sampai busanya benar2 tidak ada, karna nantinya akan meninggalkan residu detergen yang bisa mengakibatkan kebocoran pada clodi.
  6. Hindari mencuci menggunakan air panas terutama untuk outer berbahan PUL. Sebaiknya gunakan air biasa atau suam-suam kuku.
  7. Penjemuran menggunakan sinar matahari langsung lebih disarankan kerena kering lebih maksimal dan menghilangkan noda yang tersisa.

Bagaimana Jika Clodi Bocor? **

Banyak mommies yang mengeluhkan kenapa clodi (popok kain modern) yang dipakai baby gampang bocor. Padahal baru dipakai 1-2jam saja. Kondisi kebocoran ini makin mengusik terutama untuk mommies yang baru pertama kali mencoba nikmatnya clodi. Ditambah sebelumnya memakai popok sekali pakai tanpa kebocoran walau dipakai lebih dari 8jam (wow kasian ya babynya). Pengalaman kebocoran clodi tampak sangat menyiksa batin serasa rugi luar dalam hehehe Tidak seberat itu kok Mom’s, Untuk menghindari kebocoran, mommies dapat melakukan hal2 berikut ini :



1.     Prewash dan Washing clodi

Pastikan clodi di prewash sebelum digunakan. Tata cara prewash sesuai dengan petunjuk yang diberikan pabrikan clodi tersebut. (sudah dijelaskan di atas)



2.    Cream/Lotion

Pastikan saat menggunakan cream/lotion (misalnya saat ruam popok), gunakan liner (di indonesia disebut fleece liner) di atas inner clodi. Fungsi liner ini untuk menghindari paparan cream pada inner clodi. Karena inner clodi yang terpapar cream/lotion akan jadi repellent (menolak air) sehingga menyebabkan clodi bocor. Selain itu pisahkan pencucian liner yang terkena cream tadi dengan clodi yang lainnya.



3.    Letak kebocoran

a.    Bocor bagian atas (depan)

Pastikan saat memakai clodi, insert clodi bagian depan tidak tertarik keluar sehingga menyebabkan insert yang basah akan mengenai pakaian bayi juga outer clodinya. Karena tekanan misalnya saat baby tengkurap, menyebabkan pee rembes keluar. Ujung clodi harus rata tidak nyembul bagian insertnya (misalnya insertnya kegedean/kekecilan) sehingga menyebabkan pee rembes.



b.   Bocor dari sisi kaki

Hal ini bisa terjadi karena : clodi sudah jenuh (pee banyak) atau terlalu lama mengganti clodi. Jika bertipe pee banyak (heavy wetter) maka sebaiknya tambahkan double insert/memakai insert yang memiliki daya tampung banyak. Jika hanya memiliki insert standar (microfiber 3 layer) bisa dengan mengganti clodi lebih sering untuk menghindari kebocoran. Jangan meninggalkan baby heavy wetter selama berjam2 dan tidak diganti clodinya sesegera mungkin karena dipastikan clodi akan bocor. Standar pemakaian sehat, selalu ganti clodi maksimal 4 jam sekali.



Bagaimana jika pee sedikit tapi tetap bocor di bagian sisi kaki? Mungkin permasalahan ada pada ketidakcocokan bentuk clodi untuk bayi mommies. Fit kah clodi yang saya pakai ini? Cara untuk mengetahui fit atau tidak desain clodi untuk baby anda adalah sebagai berikut :

Saat memakai clodi, posisikan terlentang, lalu angkatlah kedua kaki baby anda, jika di sela2 paha nya terdapat celah/rongga/tidak rapat, maka cobalah gunakan kancing/pengaturan size pada sisi depan clodi, lalu tarik dan rapatkan karet elastic clodi pada paha nya.



Bagaimana jika di adjust size M terlalu ketat hingga menyebabkan red mark (membekas merah), tapi jika di adjust size L jadi terlalu longgar? Mungkin clodi yang mommies gunakan kurang pas/fit di badan baby dan sebaiknya mencoba dengan merk lain yang sesuai.



c.   Bocor bagian belakang

Sama dengan point a, pastikan insert terpasang dengan benar dan tidak menyembul keluar ke pinggang baby. Karena dapat menyebabkanclodi rembes, juga membasahi baju baby anda.



d.    Pastikan jika mommies menggunakan fitted diaper jangan lupa melapisinya dengan diaper cover untuk mencegah pee rembes keluar.



4.    Repelling

Repelling adalah kondisi clodi yang menolak air (tidak menyerap air) karena sesuatu sebab tertentu, diantaranya : residu sabun cuci clodi, terpapar cairan pelembut/pemutih/detergent yang tidak aman untuk clodi, di setrika, air cuci kurang bersih (mengandung lumpur, besi, ph tinggi, dll). Untuk mengecek apakah

terjadi repelling, mommies dapat mengambil clodi bersih dan kering. Lalu siram

inner dengan sekian milliliter air. Jika air tidak terserap, maka clodi sudah

repellent. Clodi yang repellent juga menyebabkan kebocoran. Oleh karena itu diperlukan stripping untuk mengembalikan performa clodi. 




Cara Stripping CLODI



Cara 1 : Simpel

Rendam insert yang sudah dicuci bersih dengan air hangat 40°C. Bilas dengan air hingga air buangan tidak berbusa lagi.



Cara 2: Baking soda + Cuka

Takaran 1-2 sendok makan baking soda untuk 6 cover + 12 lapisan penyerap, air setinggi cucian (+/- 10 liter), diamkan 30 menit - 1 jam

Bilas hingga bersih

Pada bilasan terakhir tambahkan 3-4 sendok makan cuka, air setinggi cucian, diamkan 15-30 menit

Boleh dibilas sekali lagi atau langsung dikeringkan

Jemur 30 menit (jika di-spin/dikeringkan di mesin cuci) - 1 jam (tidak di-spin) di terik matahari, selebihnya (sampai kering) di tempat teduh yang sirkulasi udaranya lancar. 



Cara 3 : RLR Treatment 

RLR adalah nama salah satu laundry treatment yang dipakai untuk menghilangkan residu, komposisi utamanya soda api atau natrium karbonat. Bunda bisa memakai soda api curah yang dijual di toko kimia jika kesulitan menemukan RLR.

Cara Pakai: Rendam outer clodi dan insert yang telah dicuci dengan 1 bungkus RLR (+/- 2 sendok makan) selama 30 menit sambil sesekali dikucek. Bilas dengan air hingga air sisa buangan tidak berbusa lagi. Agar hasil maksimal untuk pembilasan insert bisa juga menggunakan mesin cuci dan langsung ke bagian rinse/pembilasan. Satu bungkus RLR dapat digunakan untuk 15-18 set clodi beserta insertnya.



Cara 3 : Magic Clean Treatment

Cuci pakaian dengan sabun khusus clodi. Lalu bilas dengan 'Magic Clean' dengan takaran 1-2 sdm. Rendam 10 menit, lalu bilas hingga cucian tidak berbusa lagi. "Magic Clean membuat pakaian harum dan bersih serta menghilangkan residu pada pakaian.



Happy cloth diapering Moms ^­_^



*Disarikan dari berbagai sumber

** Artikel 'Mengapa Clodi saya bocor, oleh: Herawati Kusumastuti, yang disarikan dari berbagai sumber :
1. http://www.cottonbabies.com/product_info.php?products_id=764
Cloth Diapers: Why Are My Cloth Diapers Leaking?
2. http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20111003123325AAyCe9r
Why
are my FuzziBunz cloth diapers leaking around the legs?
3. http://www.mothering.com/community/t/1322277/all-of-my-cloth-diapers-leak-what-am-i-doing-wrong
All of my cloth diapers
leak. What am I doing wrong?
4. http://diapering.wallypop.net/infohelp.html
Help! I'm Having A Problem! My Diaper is Leaking?


by Cha~Cha Shop. SMS/WA 085 729 021 512 Pin BB 7F2017B 

**Dapatkan produk bayi, anak dan dewasa lainnya di Cha~Cha Online Shop. Happy Shopping**




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,