Senin, 10 November 2014

BOLA-BOLA UBI ISI COKLAT

Hm… ini ceritanya bingung mau ngolah ketela rambat yang cukup banyak tergeletak di dapur. Mau digoreng tepung udah bosen, dikukus apalagi. Padahal ketelanya tuh empuk manis endeees deh. Itu bawa khusus dari kampung di Wonosobo. Kalau di Wonosobo sih cukup dimasukin kardus bisa tahan berbulan-bulan. Masalahnya kalau di Semarang, belum ada sebulan aja udah ada kutu-kutunya atau jadi layu kepanasan. Nah, padahal aku paling demen sama ketela rambat hasil panenan bapak. Sejak masih kuliah dulu, tiap pulang pasti yang dicari pertama kali adalah ketela ungu panen sendiri. Sampai-sampai selalu dikomen sama adik-adikku. Mbak tuh kalo pulang pasti yang dicari ketela, hahahaha kata mereka. Biarin lah memang saya suka sih, habisnya rasanya jauh beda dari ketela yang bisa dibeli di pasar di Semarang. 

Ngintip kulkas masih ada sedikit dark compound chocolate/DCC, jadi pengen bikin semacam timus (ketela yang ditumbuk lalu digoreng) tapi yang unik. Jadilah minta tolong suami buat keluar beli tepung roti (pakai acara salah beli tepung panir -_- ). Dan eksekusi. Yuk ah. Intip aja resepnya kali ada yang mau nyoba. Hihi. Ehm, sebelumnya perlu dikasih catatan kalau takaran disini pakainya ilmu kirologi alias kira-kira. Hahaha. Belum punya timbangan sih ^_^



Bahan

  1. 1 kg Ketela/ubi rambat, kupas, potong kecil-kecil lalu bersihkan
  2. 150 gr DCC/dark compound chocolate. Potong kecil-kecil (saya pakai merk colatta)
  3. 3 Sdm Tepung kanji (optional)
  4. 3 Sdm gula pasir (optional)
  5. 5 Sdm tepung terigu, cairkan
  6. 100gr tepung roti
  7. Sedikit garam
  8. Minyak untuk menggoreng

Caranya

  1. Kukus/rebus ubi yang telah dipotong kecil-kecil. Gunanya dipotong kecil adalah agar memudahkan penumbukan. Kukus kuranglebih 15menit (sampai empuk/matang) jangan lupa tiriskan jika direbus. Setelah itu tumbuk ubi selagi panas agar tidak keras, tambahkan sedikit garam, tepung kanji dan gula pasir (tepung kanji dan gula pasir ini optional, jadi bisa digunakan bisa tidak. Lebih aman menggunakan tepung kanji agar saat digoreng tidak hancur. Gula pasir digunakan jika ubinya kurang manis/sesuai selera).
  2. Bentuk bola-bola dari ketela tumbuk, isi dengan potongan coklat sampai adonan habis
  3. Gulingkan ke dalam tepung terigu yang telah dicairkan
  4. Gulingkan ke tepung roti
  5. Goreng dengan api kecil
  6. Sajikan selagi hangat (jika dingin coklat didalamnya beku lagi)

Itu caraya, mommies, silakan dicoba. Rasanya yummycrunchy di luar, lembut dan manis di dalamnya. Saat dimakan hangat coklatnya meleleh. Hm… lumer di lidah.

Oia, waktu buat yang pertama itu jadinya sekitar 30biji bola-bola sedang. Kebanyakan akhirnya kusimpan di freezer. Eh, kemarin sore hujan jadi goreng deh yang masih di freezer. Ternyata hasinya lebih mantap yang ke dua ini. 
Selamat mencoba... ^_^ 

(sorry... pic nya nggak ada dari proses awal)  

kasih penampakan dulu. hihi
bola-bola ubi diisi coklat


celupkan ke dalam tepung terigu yang dicairkan
gulingkan di tepung roti
hasilnya... yummy...

coklat di dalamnya selagi hangat

sisa yang masuk freezer

goreng yang ke dua (setelah masuk freezer)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,