Kamis, 18 Desember 2014

Blogging With Heart, Money Will Follow

Umm... judulnya menggoda ya?! Apa iya bisa begitu, cukup dengan ngeblog bisa dapat uang gitu? Ih macaciiih..!!
Tapi itulah yang disampaikan sama Mak blogger Indah Julianti Sibarani yang sudah lama malang melintang di dunia perbloggeran.
 

Mak yang akrab disapa Indjul ini khusus didatangkan dari Jogja oleh embak-emak panitia acara "blogging with heart" yang diadakan sama IIDN Semarang.
Tau dong serunya acara IIDN. Wuiiih! Cakep!.
Nah, mak Injul datang ke semarang tentunya untuk berbagi pengalaman tentang suka dukanya jadi blogger.
 
Acara yang dimulai sekitar pukul 10 itu dibuka oleh MC yang kocak Mak Hartanti. Dilanjut sambutan ala emak IIDN, eh maksudnya sambutan mewakili mak ketu Dedew yang berhalangan hadir. Mak Dian Nafi yang ngasih sambutan tak kalah kocak sama mak emce.
Lanjut, acara yang ditunggu sama semua peserta dan panitia: mak Injul tampil ke depan, yey! *appaluse
*ngambil pic nya mba Mariana  :P *
Dari awal ngomong aja gaya mak Injul udah asyik banget dah!
Ngasih motivasi tentang menulis. Sipa yang nggak bisa nulis? Bohongbkalau tidak bisa menulis. Masa sekedar menuliskan nama saja tidak bisa? Dan bisa menulis inilah bekalnya.
Kenapa kita ngeblog? Pertanyaan mendasar banget yang harus kita pahami.menulis tentu menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Anak sekolah menulis di sekolah, ibu RT menulis tesep atau dafyar belanja, pekerja kantor menulis laporan atau tugas, dan sebagainya. Ngeblog/Menulis bisa kita jadikan rekam jejak kehidupan kita karena di setiap denyut nadi kita ada cerita.
 
Terus, bisa juga buat dokumentasi karya kita (meskipun bisa lewat semua media sosial).
Gimana caranya buat blog? Yuk, intip lanjutan sharing mak Injul.
Pertama, belajar dasar perbloggerran seperti html dasar, content manajemen blog, dll. Intinya sih yang pertama harus daftar dulu ke layanan blog seperti blogger, multiply, wordpress, dll. Untuk pemula bisa memilih web gratis dulu. Pelajari dasar-dasar posting, edit, dll terkait blog. Lalu, ngebloglah dengan hati agar setiap kata yang tertulis bermakna. Dan... yang dahsyat adalah uang akan menghampirimu. Nggak percaya?! Mba Injul telah membuktikannya. Disaat butuh uang karena baru keluar dari kerja, tiba-tiba mendapat tawaran untuk review produk diblognya.
 
Semua yang menghasilkan tentu butuh perjuangan untuk mendapatkannya. Selain perjuangan harus merasakan sendiri produk yang mau direview (mak Injul dan keluarga makan eskrim sampai mabok), perjuangan sesungguhnya dimulai saat baru mulai memasuki dunia blogger. Membuat orang melihat, membaca, dan menjadi member blog adalah pekerjaan yang telaten dan membutuhkan waktu yangcukup lama.
Kuncinya adalah, blogging is posting, blog walking, and networking.
Ini wajib dilakukan sama blogger. Rajin posting minimal seminggu sekali;  lihat dan tinggalkan jejak di blog orang lain, dan memperbanyak koneksi baik sesama blogger maupun sesama pengguna media sosial lainya.


Terus, bagaimana supaya bisa menjual blog kita?

Pertama, content blog harus menarik. Bagaimana caranya tahu blog kita menarik atau tidak? Dengan membaca buku dan membaca situasi yang sedang happening khususnya di media social.

Kedua, gunakan personal taste agar lebih mengena tulisan kita

Ketiga, usahakan tulisan tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang

Keempat (lagi-lagi) rajin update

Bagi blogger pemula (seperti saya), disarakan untuk rajin update. Tulisan gado-gado tidak masalah sembari mengumpulkan massa (emang mau demo?!), selanjutnya bisa membuat blog dengan tema dan segmen tertentu. Selamat menulis, dan selamat ngeblog.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,