Senin, 09 Februari 2015

Punya Bisnis Crafting

Ini salah satu hal yang menjadi impianku bersama dua orang adikku (Aruni dan Nilna). Lahir dari keluarga petani sederhana dan hidup di tengah keterbatasan membuat kami harus memutar otak untuk bisa mendapatkan sesuatu. Banyak barang kecil yang harus kami buat sendiri dari bahan seadanya. Lama kelamaan kami menikmati proses berkreasi itu.

Membuat hiasan dinding kreasi paper quilling, buket bunga dari kain perca, kartu ulang tahun, kadang juga hadiah ulang tahun untuk teman buat sendiri. Rasanya puas sekali saat orang yang kita beri hadiah menyukai hasil kreasi kita.

Lama kelamaan ingin bisa menghasilkan uang dari crafting. Mulailah kami berkreasi dengan mute dan batu-batuan imitasi untuk dibuat gantungan kunci, bros, dan tas. Kami menjualnya kepada teman dekat saja, belum bisa merambah banyak karena keterbatasan modal. Usaha sangat kecil ini akhirnya mati suri saat kami bertiga sibuk dengan kerja dan kuliah masing-masing.

Awal 2013, menjelang pernikahanku terfikir untuk membuat souvenir sendiri, sekaligus training kami bertiga jika selanjutnya mendapatkan order pembuatan souvenir partai besar. Alhamdulillah, hasilnya cukup memuaskan. Souvenir yang kami buat berupa gantungan dari flanel dan bros bunga kansazhi dari kain satin. Tapi, kemampuan kreasi kami pun masih terbatas. Akses internet di kampung kamidi Wonosobo sangat terbatas untuk download tutorial dari internet berupa video. Jadilah hanya melihat gambar-gambar saja, cara-caranya kami kira-kira sendiri.

Ada impian kami bertiga yang belum tercapai, : kembali MEMBUKA BISNIS CRAFTING. dan impian ini in syaa Allaah akan dimulai bulan Maret 2015 setelah wisuda adik. Konsepnya memang belum matang digodok, tapi kami sudah memulai menawarkan craft kami berupa kreasi paper quilling (bros, buket bunga kertas, hiasan dinding, pigura, dll); aneka bros kansazhi sederhana, dan aneka bros kain perca. Kami berharap bisa mendapatkan GA tutorial dari Susindra Craft agar bisa menjadi refferensi bagi kami. Ada rencana untuk membeli buku-buku tutorial tapi melihat harganya, jadi mundur duluan. Lebih baik untuk modal bahan dengan kreasi sederhana dulu. Hehehehe. Semoga rencana kami berjalan lancar dan menjadi bisnis keluarga yang berkah dan bermanfaat. Aamiin...


#ditulis untuk ikut GA Susindra craft


2 komentar:

  1. Aamiin... semoga rencana bulan Maret ini berhasil ya mbak. Kita tak boleh menyerah karena keterbatasan ekonomi. Harus terus menjadi sosok kreatif dan bisa mengambil semua peluang.

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,