Rabu, 03 Juni 2015

Bakso Bandeng Maknyus



Bakso Bandeng Maknyus

Pernah dengar kata Juwana?  Yup! Pasti sering lihat kata itu di Jl. Pandanaran Semarang karena disana pusat oleh-oleh bandeng presto yang lebih dikenal dengan Bandeng Juwana (padahal Bandeng Juwana yang di Semarang itu adalah merek dagang). 
 
Juwana sebenarnya adalah nama kecamatan di Kabupaten Pati, yang terkenal dengan hasil perikanannya yaitu ikan Bandeng. Katanya ikan bandeng asal Juwana ini terkenal enaknya dan rasanya berbeda dengan bandeng yang dibudidaya di daerah lain karena kandungan mineral dalam air yang berbeda. 


Jika berkunjung ke Pati dan belum mencicipi olahan bandeng ibarat ke Semarang tidak makan lumpia atau ke Wonosobo tidak menikmati mie ongklok (nitip promosi Wonosobo, hihi). Di kota Pati, tepatnya
di Jl. A Yani ada warung makan Rindang 84 yang menyediakan berbagai olahan bandeng tanpa duri baik untuk dimakan di tempat maupun dibawa sebagai oleh-oleh. Umumnya orang malas makan bandeng karena durinya banyak, tapi di warung ini bisa menikmati tanpa sibuk misahin duri dengan dagingnya. 


Warung yang tak seberapa luas itu terasa sejuk dan nyaman, ada juga tempat lesehan yang asyik buat ngumpul keluarga atau meeting. Tahu warung ini dari suami yang pecinta bakso. Sewaktu ada acara di Pati, ia dan teman-temannya makan siang di sana. Sejak itu, sering promosi enaknya makan bakso bandeng di Pati. Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu bisa mencicipi bakso bandeng di sana. Rasanya enak, tak kehilangan rasa khas bandeng, lebih enak dibandingkan bakso ikan lain yang pernah kumakan (mungkin karena bakso ikan biasanya buatan pabrik) tapi masih kalah dengan bakso sapi. Kuah baksonya segeeer dan yummy banget. Selain bakso bandeng ada juga otak-otak bandeng yang disajikan dengan lalap dan sambal khas bandeng yang pedas manis, pepes bandeng, bandeng crispy, garang asem bandeng, dan juga makanan pelengkap seperti ayam, udang, dan lele.
aneka olahan bandeng
Selain itu, tersedia juga olahan bandeng untuk oleh-oleh seperti kerupuk bandeng, nugget bandeng, bakso, otak-otak, sosis, dll. Rasanya cukup enak, dan harganya juga cukup murah. Untuk seporsi bakso bandeng Rp.8.500, sayang lupa harga otak-otak, pepes, krupuk dan nuggetnya. Haha. Mau pesan yang matang pun bisa, nanti di pack pakai dus, jadi deh oleh-oleh khas Pati. 


Meskipun bandeng diklaim sebagai makanan khas Semarang, tetap saja asalnya adalah dari Juwana, Pati. So, jangan lupa mencicipi ikan bandeng

Itadakimasu!

2 komentar:

  1. mba keposting dua kali ya tentang bakso bandeng ini? Hehe..aku bisa makan ni kalau dari bandeng..bukan sapi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih Mba Dew... *baru update lagi.. ternyata waktu itu keposting lagi padahal niatnya mau edit judul aja

      alergi daging sapi kah mba? kalo ke Pati boleh tuh dicoba :)

      Hapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,