Jumat, 12 Juni 2015

Tips Lancar Puasa Ibu Menyusui

Seminggu lagi datang bulan Ramadhan 1436 H, sudah nyiapin apa nih buat Ramadhan? tentunya yang paling utama persiapan fisik dan jiwa ya, jangan lupa juga nyiapin bekal materi karena biasanya bulan Ramadhan (meskipun makan cuma dua kali) tapi pengeluaran membengkak. Ibu hamil dan busui padapuasa nggak nih?! 
Ibu hamil dan menyusui sebenarnya mempunyai rukhshoh (keringanan/dispensasi) untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan jika memang kondisinya tidak memungkinkan dan membahayakan diri atau bayinya. 

Bagi ibu hamil kondisinya pun berbeda-beda, ada yang full mengalami mual alias morning sickness, ada yang harus bed rest, ada pula yang baik-baik saja. Untuk itu, jika memang kondisinya tidak memungkinkan bisa tidak berpuasa dan menganti/membayar fidyah.

Tentu, kita (baca: bumilbusui) ingin tetap mendapatkan keutamaan berpuas
a di bulan Ramadhan, yang hanya sekali kesempatan dalam satu tahun. Sehingga berpuasa selama Ramadhan pun tetap bisa dilakukan dengan strategi pengaturan waktu dan asupan makanan. 
Beberapa tips yang sudah dipraktekkan tahun kemarin saat Hasna berumur 5 bulan (hasil googling dari banyak situs kesehatan dan syari’ah)
    1. Berdo’a kepada Allah agar diberi kekuatan untuk berpuasa dalam kondisi menyusui. Ini adalah yang terpenting karena Allah lah yang membuat ibadah kita menjadi mudah.
    2. Gunakan prinsip malam hari di bulan Ramadhan=siang di hari biasa. Maksudnya bukan berarti malam untuk begadang dan siang untuk tidur, tapi berkaitan dengan asupan nutrisi bagi ibu menyusui. Jika di hari-hari biasa kita makan tiga kali sehari, maka usahakan saat ramadhan pun tetap makan tiga kali sehari. Contohnya: Makan sahur, makan berat setelah shalat maghrib, lalu makan berat lagi setelah shalat isya. Ini akan menjaga agar ibu tidak lemas di siang hari
    3. Banyak minum air putih. Usahakan saat tidak berpuasa (mulai maghrib sampai sebelum subuh) perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi baik ibu dan bayi. Contohnya kalau malam setelah tarawih mau tilawah, sedia air putih di dekat kita biar kalau haus bisa langsung minum. Glek glek.
    4. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Malam hari, hindari gorengan dan makanan tidak sehat, ganti dengan buah dan sayur yang banyak agar tubuh tetap segar dan fit
    5. Makan 7 butir kurma saat buka dan sahur (ini sunnah rasul, tapi kalau saya karena suka kurma lu’lu’ yang kecil-kecil makannya bisa lebih dari 7 butir. Yang penting ganjil, bagiku. Hehe)
    6. Minum madu. Saya biasa minum air hangat dengan campuran 1-2 sdm madu terutama saat sahur. Madu bagus banget buat kesehatan dan cadangan energi untuk kita.

    Semoga bermanfaat, semoga Allah memudahkan ibadah-ibadah kita di bulan Ramadhan.

    4 komentar:

    1. Tipsnya kece, Mak. Suwun sharingnya :)

      BalasHapus
    2. Aku pengeen banget biasa puasa. Doain lancar2 ya n nutup smpe akhir puasa ya say. Tipsnya aku coba nanti

      BalasHapus
      Balasan
      1. Aamiin.... moga lancar ya bumil..

        tapi aku pas hamil juga nggak sukses mba, bolong 14 hr alhmd pas busui malah lancar ^^

        Hapus

    Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

    Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


    Salam,