Senin, 18 Januari 2016

Tips Memilih Pemancingan Aman Untuk Balita

Bawa balita ke pamancingan ibarat datang cari perkara. Ada yang punya anggapan seperti ini?! Kalo saya sih enggak, hehe.
Keluarga kami jarang bisa ngumpul karena beberapa kerja di luar kota. So, waktunya bisa ngumpul pemgennya hangout cari tempat hang asyik buat makan bareng lesehan dan menukmati suasana yang beda dengan rumah. Pemancingan, selalu jadi tujuan utama. Ada sikecil yang sedang aktif tentu butuh pemgawasan ekstra terutama saat beraktivitas di luar rumah.  Model pemancingan one stop recreation dan ramah anak sangat dianjurkan.
Nah, kali ini ingin berbagi beberapa tips untuk memilih tempat pemancingan yang aman, yuk kita simak.


Mancing dan dijaga ketat Mbah kakung

1. Pemancingan dengan Aneka Permaianan Untuk Anak
Model pemancingan seperti ini akan membuat anak terlupa dengan keasyikannya melihat ikan di kolam pancing atau penasaran dengan aktivitas memancing yang dilakukan orang dewasa.
Kolam renang, ayunan, kereta, dan lain-lain bisa mengalihkan perhatian sikecil saat menunggu pesanan makan tiba, daripada harus duduk di sebelah kolam dengan dia yang penasaran dan ingin ikut mancing, dengan resiko tercebur kolam. 
Salah satu wahana permaianan di Ngrembel Asri
2. Mudah dijangkau dan dekat dengan fasilitas umum
Menghabiskan weekend itu enaknya jalan ke tempat yang sepi, jauh, sejuk, kalau bisa sambil jalan kaki juga ke tempatnya biar aroma adventure makin berasa. Tapi, alangkah lebih baik jika memilih tempat yang dekat dengan fasilitas umum atau jika cukup jauh tapi mudah terjangkau. Ini hanya untuk antisipasi jika terjadi sesuatu dan butuh pertolongan segera.
Meskipun yang diharapkan pasti adalah keselamatan, sedia payung sebelum hujan juga penting sebagai tindakan preventif

3. Ada saung yang jauh dari kolam
Asyiknya ke pemancingan ya mancing sambil nunggu makanan siap, atau setelah makan sambil bercengkerama dengan keluarga.
Tapi, saat sikecil susah dikendalikan (misalnya pada anak yang energinya berlebihan) dianjurkan untuk memilih tempat yang tidak dipinggir kolam. Jika ingin menikmati kolam dan memancing, bisa dilakukan setelah makan dan dengan pengawasan ekstra pula. 

4. Cari Info sebanyak-banyaknya
Info bisa didapat dari brosur wisata, profil pemancingan di web masing-masing atau dari review orang-orang yang pernah berkunjung ke sana.
Jika resikonya lebih besar, harus berhati-hati dengan kemungkinan yang ada dan kalau bisa pengawasan minimal 2 orang. 

Jika terjadi hal yang tidak diingankan misalnya anak tercebur kolam, bagaimana mengatasinya?
Ehm! Beberapa waktu yang lalu saya dan Hasna, sikecil yang masih berusia 22 bulan ikut gathering di pemancingan di pinggiran kota Semarang. Di sini tidak ada wahana permainan, jadi adanya kolam pancing dan saung. Anak-anak yang lagi aktif-aktifnya pun berlarian kesana kemari dan sesekali mendekati kolam karena penasaranan dengan ikan yang terlihat. Nah, meskipun dengan pengawasan, ternyata anak saya tercebur juga. Rasanya seperti hatinya hilang entah kemana melihatnya tiba-tiba tercebur padahal saya awasi dari jarak beberapa meter, dan sesaat sebelumnya dia tengah tertawa ceria.
Asyik metik buah, mengalihkan perhatian dari kolam
Alhamdulillah kolamnya dangkal dan banyak lumpur, jadi tidak tenggelam. Hasna langsung diangkat dan dimandikan. Untung tidak ada luka luar, dan tidak muntah, menangis, tentu saja. Tapi begitu selesai mandi, ganti baju dan nenen, langsung lari minta main lagi, sambil 'cerita' kalau tadi dia jatuh. Ckckckckck. Bunda sudah macam orang jantungan dan mewek-mewek malah dia tertawa bahagia. Mau tak mau jadi ikut senyum juga, apalagi waktu telpon si ayah dan dijawab 'nggak apa-apa, biar ada cerita lucu. Anggap aja lagi latihan renang'. Waks?! 
Pertama, segera evakuasi sikecil dari kolam. Pastikan ada luka/tidak di tubuhnya, lalu segera besihkan. Jika ada luka segera lakukan pertolongan pertama dan berikan kenyamanan bada balita. Jka masih menyusui segera susui setelah kondisinya bersih, atau berikan pelukan hangat dari ayah/bundanya. Setelah itu rujuk ke rumah sakit/dokter jika diperlukan.
Semoga liburan bersama sikecil selalu menyenangkan, ya J

15 komentar:

  1. Saung memang sebaiknya jauh dr kolam ya..ngeri juga klo kejlungup gtu. Tapi hasna tetep seneng dan ga trauma kan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. alhamdulillah hasna nggak trauma. habis dimandiin trus nen, bobo. bangun2 dah pengen main air lagi :P

      Hapus
  2. wah kalo sudha punya si kecil jadi heppy y mbak mau liburan ke mana aja hehe, meski ya kudu tetep waspada hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi lebih ribet urusannya, jd lbh ngurusin safety dll.
      kalo mbolang sendiri kan yg penting bs pergi aja. eheheh

      Hapus
  3. Wah, seru juga ya bawa si kecil mancing. Klo ada tempat main, dia gakkan bosen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, jadi nggak deket2 kolam terus dia :)

      Hapus
  4. Duh teringat dulu masa kecil ane diajakin bpk mancing ke tambak :D
    Iya walaupun enggak aman karena ada bpk jadi aman dulu. Hehehehe

    BalasHapus
  5. wah bisa ajak anak juga ke pemancingan
    untung gak nangis ya dah jatuh adeknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nangis Mba pas jatuh, sampai waktu dibersihkan juga masih nangis,setelah NgeASi trus bobo baru bangun dia ceria lagi dan pengen main air lagi, alhamdulillah nggak trauma :)

      Hapus
  6. Harus diawasi emang kalo ngajak balita ke pemancingan, takutnya ntar nyemplung ke air ya Rin, hikss

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,