Kamis, 18 Februari 2016

Serunya Belajar Sambil Bermain Bersama Petualangan Boci


Assalamu’alaikum, Ayah Bunda... apa kabar?
Apa agenda akhir pekan yang menyenangkan bersama keluarga? Quality time? No gadget? Jalan-jalan? Shopping? Bertualang? Kalau pas ngumpul keluarga sih biasanya nggak kehabisan ide untuk bersibuk dan berbagai kegiatan, meskipun hal kecil seperti membaca buku bersama atau sekedar menemani anak mengerjakan PR sekolah. Tapi, saat weekdays terkadang sedikit membosankan, maka Bunda pun harus kreatif memberikan berbagai mainan untuk sikecil.
Sebelumnya mau tanya dulu deh, Ayah-Bunda yang punya anak batita apakah sering menggunakan gadget sebagai media belajarnya? Memang ya, semuanya serba mudah sekarang ini. Belajar mengenal warna, lagu, membaca, berhitung, dll tinggal pasang gadget lalu cari di youtube semua tersedia dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Meskipun begitu, tentu ada kekurangannya ya, sehingga jangan sampai terus-terusan anak terpampang layar smarphone. Selain bernahaya untuk kesehatan mata, juga bisa menghambat perkembangannya. Banyak pakar yang mengatakan anak usia 0-2 tahun jangan dibiasakan melihat gambar bergerak (video).
Untuk Hasna, saya tidak bisa full mencegahnya dari menonton video, hanya bisa membatasi. Ayah_bunda yang lain bagaimana? Semuanya dikembalikan ke masing-masing ya, sudah tahu kekurangan dan kelebihannya.
Nah, berikut tips jika ayah-Bunda akan mengajak siKecil menonton atau bermain dengan gadget
Pertama, jika memungkinkan atur smartphone dalam kids mode. Hal ini adalah tindakan preventif agar anak tidak membuka atau membeli aplikasi yang tidak dibutuhkan. Anak-anak masih sering asal klik kan? Apalagi saat mereka tertarik dengan segala sesuatu yang ada di layar.
Kedua, redupkan cahaya di layar gadget. Ini bertujuan agar mata si kecil tetap terjaga dan tidak cepat lelah. Sering-sering kena cahaya biru di layar bisa bikin matanya rusak, jadi kudu waspada.
Ketiga, perhatikan aplikasi yang akan digunakan, apakah sesuai dengan usianya atau tidak. Jangan sampai anak terlalu banyak melihat video yang tidak sesuai dengan tumbuh kembangnya.
Dua pekan yang lalu, saya mengunduh sebuah aplikasi bernama Petualangan Boci. Awalnya tahu tentang Boci ini atas rekomendasi teman karena siKecil sudah berusia dua tahun. Ada yang penasaran sama Boci?!  
Boci tersedia di playstore android; jadi bagi pengguna operating system yang lain masih belum bisa. Tapi memang lebih banyak orang Indonesia yang menggunakan sistem android di smartphone-nya. Jika ingin mengunduh aplikasi ini caranya sangat mudah.
Pertama, masuk ke playstore. Lalu cari dengan kata kunci ‘petualangan boci’
Kedua, pilih aplikasi yang diinginkan, karena petualangan boci sudah memiliki beberapa seri yaitu:
  • Petualangan Boci: Warna 
  • Boci Theme Park: Carnival 
  • Boci Trace: Alphabet
  • Boci Play Hide And Seek
  • Boci Play: Connect The Dots
  • Sight Words: Reading Games 

Ini dia seri si lucu Boci 
Saya memilih seri Alphabet karena si-Kecil suka sekali menyentuh touch screen, biar makin seru main-mainnya meskipun untuk anak seusia Hasna masih sebatas perkenalan. 
Oia, Ayah-Bunda jangan lupa juga membaca setiap petunjuk yang ada di aplikasi oleh Rolling glory ini. 
Parent Note. sangat bermanfaat sebagai panduan
Ketiga, pasang aplikasi ini, setelah itu bisa langsung digunakan.
Waktu itu saya pasang saat menjelang imlek, dan tampilan petualangan boci alphabet pun dengan nuansa merah dan barongsai. Menarik karena si-Kecil belum pernah melihat langsung pertunjukan barongsai.
Tampilan depan dengan nuansa imlek.
bendera bulat di pojok kanan, ya.. itu untuk mengganti bahasa pengantar
Menariknya, bisa dibuka dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Jadi sangat memudahkan buat keluarga yang sehari-hari mengajarkan anaknya dengan bahasa pilihan masing-masing. Cara memilih bahasa ini adalah lewat gambar bendera yang tertera di pojok kanan atas halaman pertama.
Pilih kendaraan, lalu ayo main!
Setelah itu, bisa langsung mengikuti petunjuk dan biarkan sikecil bermain. Tapi tetap harus ditemani dan diawasi, ya Bunda.. untuk seri alphabet ini permainannya cukup mudah dan menyenangkan. seru sekali pastinya bermain bersama si-Kecil. 
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi ini, Ayah-Bunda bisa membuka web resmi Petualangan Boci di sini, dan untuk seri-seri lain boci bisa dilihat disini.
Selamat bermain dan belajar besama buah hati,

Salam, 

Lihat, Hasna keasyikan mainnya. serius banget kan wajahnya? :)

Ini tampilan kalau kita memilih kendaraan kereta,
kadang muncul kucing lucu dibalik rerumputan

Ayo, kita berlayar di laut biru

wuuuuss!! horee!! Naik pesawat bersama Boci ;) 

8 komentar:

  1. Sama mbak, anak saya juga suka main Boci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik sih Mba.. hehe

      tapi saya masih batasin sih..

      Hapus
  2. lebih bagus lagi kalau belajar alphabetnya dari bahan-bahan kertas dan semacamnya.. sekalian melatih motorik.. :) tapi memang gadget itu bagian yang tak terpisahkan dari anak2 jaman sekarang, kecuali ortunya mau benar2 gak pake gadget sama sekali, baru bisa anak2nya tanpa gadget :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! ga bisa lepas sama sekali, makanya diizinin tapi dibatasi banget :D

      apalagi masih suka asal pencet jadi emaknya takut gadgetnya rusak. hahaha

      Hapus
  3. sama mba, sy juga ngasi batasan. 1xseminggu masing2 anak 30 menit :)

    BalasHapus
  4. sama mba, sy juga ngasi batasan. 1xseminggu masing2 anak 30 menit :)

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,