Sabtu, 12 Maret 2016

Hasna dan Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016

Bismillahirrahmanirrahim...
Ayah Bunda pasti sering dengar iklan di TV dengan kalimat ‘8 sampai 15 Maret tho?’ yup! Iklan layanan masyarakat menganai Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2016 yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia mulai tanggal 8 Maret hingga 15 Maret 2016. 
Sukseskan PIN Polio 2016
Alhamdulillah... hari Jumat kemarin (11/3/16) adalah jadwal Hasna untuk imunisasi di Pos PIN terdekat, yaitu di posyandu parang sari RW 09 Keluarahan Tlogosari Kulon. Pagi-pagi kader posyandu sudah membuat pengumuman dan mengingatkan kepada para ibu yang mempunyai anak balita untuk datang ke Pos PIN agar mendapatkan imunisasi polio secara gratis.
Suasana Pos PIN 2016 posyandu Parangsari Tlogosari Kulon
Dengan ceria sikecil Hasna jalan kaki bareng Bunda ke balai RW 09, tempat posyandu rutin. Tapi sampai di tempat seketika berhenti dan melihat ngeri teman-temannya yang menangis: tidak mau ditimbang, tidak mau diukur Tinggi Badan, dan meronta-ronta saat diberi tetes polio. Tiga balita menangis bersamaan mungkin membuatnya jeri. Alhasil ia pun mengikuti jejak mereka bertiga: tidak mau ditimbang, diukur TB dan linkar lengan. Fyuuh... saat diukur lingkar lengan sambil digendong saja nangisnya seperti mau ditinggal Bunda pergi. Meskipun akhirnya pasrah saat diberi tetes polio, ia sempat meronta dan menolak digendong Oma, sahabat mbah Uti yang kader posyandu dan sering menggendongnya.
Tuuh.. digendong Oma tapi nangis :P 
Fyuuuh... alhamdulillah akhirnya berhasil juga dia diimunisasi, dan diberi tanda di kelingkingnya dengan tinta hitam seperti saat pemilu.
Alhamdulillah... Hasna sudah ke PIN Polio 2016, kamu?!
Oia, bulan sebelumnya, di arisan PKK RT sudah diberi selebaran berupa sosialisasi PIN 2016 dan pengenalan vaksin baru yang akan digunakan pada PIN tersebut. Dijelaskan juga mengenai tujuan adanya PIN dan pengalihan penggunaan vaksin polio oral/tetes (TOVP) ke vaksin polio oral/tetes (BOPV) dan pemberian inactive polio vaccine (IPV) untuk mencegah terjadinya KLB Polio.
Selebaran dari puskesmas lewat arisan PKK RT
Kita tentunya tidak ingin anak-anak kita dan generasi selanjutnya mengalami kelemahan baik secara fisik maupun mental. Untuk itu penting sekali melakukan tindakan pencegahan seperti imunisasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai virus berbahaya.

Mari Ayah-Bunda, sukseskan PIN 2016. Yang belum ke pos Pin, yuk segera mumpung masih ada waktu dua hari lagi. Salam sehat J

8 komentar:

  1. Padahal cuma diukur-ukur kok ya nangis? hihi dasar anak-anak, ada-ada ajaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, begitulah.. namanya juga anak-anak ya.. :D

      Hapus
  2. Iya bagus juga program pemerintah, apalagi kalau semua jenis imunisasinya gratis semuanya ya hee, semoga ke depannya digratisin semuanya tidak hanya polio dan vitamin A Aja, ponakanku usia 7bulan dapet juga di posyandu bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba... mau lah kalo smua gratis kek di Jepang, hahaha.

      sementara ini saya pun baru imunisasi buat yg free dr pemerintah aja, yg tambahan enggak. hehe :D

      Hapus
  3. Hasna udah ikut pin, lucu ya pakai cap tinta segala, kayak pemilu aja, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. ketemu tmn2 tanyanya bukan 'udah imunisasi belum?' tapi 'udah nyoblos belum?' hihi

      Hapus
  4. Ayo sukseskan pekan PIN polio supaya anak Indonesia sehat, gitu ya mbak Arina. Di tempat saya juga sudah diumumkan untuk para balita supaya mengikuti PIN polio ini :)

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,