Rabu, 23 Maret 2016

[TUTORIAL ] Membuat DIY Playing Mat dari Kain Flanel

Bismillahirrahmanirrahim...
Assalamu’alaikum Ayah-Bunda,
Apa sih yang Ayah Bunda rasakan saat membuat sendiri mainan untuk ananda tercinta lalu mereka antusias bermain?! Hm.. pasti puas dan bahagia kan?! Bahagia yang sederhana tapi sangat layak dinikmati.
Saya pun begitu lho, meskipun terbilang jarang membuat mainan sendiri karena rempong dan sering tidak ada ide (ish. Alasan aja, jangan ditiru ya, ide sebenarnya bertebaran dimana-mana. Tinggal googling langsung terpampang jelas berbagai macam permainan anak yang sesuai dengan tumbuh kembangnya).
Beberapa waktu yang lalu di grup Rumah Main Anak, bunda Julia Sarah founder RMA memosting mainan putra pertamanya, Kenzie. Disana terlihat Kenzie sangat senang dan asyik bermain dengan playing mat. Saya pun langsung tertarik dan memperhatikan dengan jelas setiap detail gambarnya.
Setelah itu, ngobrol-ngobrol dengan buliknya Hasna yang memang sejak dulu kreatif dan suka membuat macam-macam kerasi. “Bisa Bun aku bantu buatin itu” katanya. Dalam hati bersorak dong, ada yang mau bantuin bikin mainan untuk Hasna. Hihi. Mumpung pulang kampung ini :D
Setelah memeperhatikan lagi gambar Bunda Sarah, kami pun googling ‘playing mat’ dan menemukan berbagai macam kreasinya. Ada yang jalannya berkelok-kelok, ada yang membuat per tema (misalnya home, traffic, garden, animal/zoo, dll) diputuskan kami akan membuat tema umum city tour saja supaya cukup membuat satu playing mat tapi ada banyak bahan untuk bermain dan bercerita.
Nah, Ayah Bunda juga bisa membuat sendiri dirumah dengan mudah. Bagaimana caranya? Stay tune..!
Yang kita perlukan adalah alat dan bahan, yaitu sebagai berikut:
  1. 1m Kain flanel warna hijau tua (untuk dasar playing mat) biasanya di toko alat jahit/aksesoris menyediakan kain flanel dengan pilihan ukuran mulai 1m hingga potongan kecil 25x25cm.
  2. Kain flanel aneka warna untuk membuat isi playing mat (Hitam, putih, dan warna lain menyesuaikan)
  3. Gunting
  4. Penggaris
  5. Lem tembak dan tembakannya
  6. Spidol atau balpoin
  7. Jarum dan benang jahit warna hitam dan warna kontras dengan kain

Cara membuatnya:
Pertama, siapkan kain flanel hitam, potong selebar 6cm untuk membuat jalan raya. Panjangnya menyesuaikan dengan lebar kain alas. Untuk tema umum sepeti yang kami buat, siapkan sebanyak empat potong.
Kedua, siapkan pola-pola untuk mengisi playing mat. Contohnya: bangunan masjid, rumah, sekolah, taman, dll. Buat pola sederhana dengan kain flanel aneka warna yang menggambarkan bangunan-bangunan yang diperlukan.
contoh pola: 

Garden: Danau, pohon, rumput dan bunga kecil

Stasiun 

Perumahan, warna bisa sesuai selera

Kantor Pos dan Rumah Sakit

Masjid, Sekolah, dan Perpustakaan

Setelah semua pola siap, aplikasikan di atas kain flanel dasar, pastikan tidak ada yang kurang dan masing-masing sudah pas.
Setelah itu, panaskan tembakan lem yang telah diisi lem, bubuhkan lem sedikit demi sedikit lalu tekan-tekan agar merekat kuat
Terakhir, beri nama di tiap bangunan dengan spidol atau dijahit tangan.
Voila! 
Ini dia hasil membuat playing mat dari kain flanel

Oia, bagi Ayah Bunda yang suka menjahit, bisa juga lho memanfaatkan kain bekas dan perca yang ada dirumah untuk membuat playing mat ini. Seru dan mudah bukan?
Selamat mencoba di rumah dan bermain dengan ananda! semoga bermanfaat J
*Mohon maaf, waktu membuat cukup terburu karena harus segera pulang ke Semarang jadi banyak yang tidak terfoto. Jika ada yang kurang jelas bisa tanya di komentar atau lewat socmed :) 

4 komentar:

  1. Lucu yaa pengen juga bikin gitu buat anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik.. Hanna dan Thifa pasti senang :D

      Hapus
  2. terima kasih mbak tutorialnya
    insyaAllah segera dicoba

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,