Jumat, 08 April 2016

Membuat Kreasi BUSY MAT dari Kain Flanel

Assalamu’alaikum, Ayah Bunda.
Masih bersemangat membersamai si-Kecil bermain kan?
Masih seputar flanel, setelah sebelumnya membuat Tutorial Playing Mat dari Kain Flanel, kali ini membuat mainan serupa yang bertujuan agar anak-anak sibuk. Apakah itu? This is it! BUSY MAT! Nama ini saya karang sendiri sih, karena memang ide awalnya bukan membuat mainan seperti ini.
Rencananya mau membuat puzzle binatang, lalu ditempel kreasi lain supaya banyak yg bisa dimainkan. Ternyata sambil membuat jadi revisi sana sini dan jadilah Busy Mat yang isinya puzzle kebun binatang (hewan darat dan air) dan mobil-mobilan, angka, huruf, dan kancing.
Proses membuat mainan ini sebenarnya tidak memakan waktu lama jika fokus mengerjakannya. Tapi karena saya mengerjakan di sela-sela waktu momong Hasna. Meskipun waktu itu lebih banyak di pegang eyang kakungnya yang sedang pulang tapi ada waktu-waktu maunya nempel bunda sehingga proyek ini teralihkan. Pun dinomorduakan dari rutinitas blogging yang sedang banyak deadline. Jadilah sekitar sepekan mainan itu selesai dibuat. Bahan-bahannya pun akhirnya tidak semua bisa difoto karena terus bertambah dan beli berkali-kali.
Hasna Asyik Bermain dengan Busy Mat nya
Rasa pegal leher dan kebas tangan plus nyeri jari bekas tertusuk jarum dan terkena lelehan lem panas musnah begitu saja saat melihat Hasna antusias dan senang sekali mendapat mainan baru. Bahagia itu sederhana kan, Ayah Bunda?
Tuh.. Hasna sedang asyik main dengan busy mat nya. Sambil nyanyi lagu ‘ABC’ dan ‘memasukkan hewan di kebun binatang ke kandangnya’; ‘mengangkut keluarga Hasna ke kebun binatang dengan mobil warna merah’; ‘mengangkut rumput dan makanan lain untuk binatang di kebun binatang’; lalu menghitung jumlah binatang yang ada di sana. Asyiik! Semoga tumbuh cerdas ya, Hasna Kurnia Faradisa si #anugerahkecildarisurga.
Oia, mainan ini cukup mudah dibuat ko, Ayah-Bunda. Ide awalnya saya ambil dari buku kreasi flanel karangan Iva Hardiana lalu saya kembangkan sendiri dan tutorial ala-ala di bawah ini pun berbeda dengan bukunya.
Alat & bahan :
  1. Kain Flanel aneka warna
  2. Lem tembak/lwm uhu
  3. Gunting (gunakan gunting yg tajam)
  4. Penggaris
  5. Pulpen
  6. Velcro
  7. Benang dan jarum jahit
  8. Tali yg biasanya digunakan untuk gantungan paper bag
  9. Kancing Baju ukuran besar dan sedang (pilih yang warna-warni jika ada)
  10. Kertas karton bekas box nasi
Diantara bahan yang diperlukan
Cara Membuat:


PUZZLE KEBUN BINATANG

  1. Buat pola binatang dan pelengkap kebun binatang seperti pohon, rumput,dll sesuai keinginan dengan kertas karton 
  2. Aplikasikan masing pola dalam 2 lembar kain flanel lalu jahit dengan tusuk feston
  3. Siapkan 1 lembar kain flanel ukuran 30x30cm dan 1 lembar ukuran 30×15cm
  4. Buat pola di flanel 15x30cm sesuai dengan binatang lalu gunting agar terbentuk lubang yang sama dengan binatangnya. 
  5. Tempel kain flanel berpola pada kain flanel ukuran 30x30cm
  6. Buat gambar mobil dari flanel
  7. Siapkan flanel lain bentuk segiempat menyesuaikan ukuran mobil, jahit bagian atas agar membentuk lubang untuk memasukkan tali
  8. Pasang tali ke kain flanel lalu pasang juga di lembar flanel untuk alas puzzle yang telah dibuat 
Proses yang lama tapi menyenangkan, membuat persegi empat kecil
ANGKA dan HURUF

  1. Siapkan kain flanel ukuran 3x3cm sebanyak 36 pasang, pasangkan sesuai warna lalu jahit pinggirnya
  2. Buat huruf A-Z dan angka 1- 10 serta bentuk-bentuk seperti segitiga, segiempat, dll berjumlah sesuai angka (1 – 10)  
  3. Siapkan velcro (bagian kasar) yg telah dipotong sekitar 1cm
  4. Rekatkan abjad pada kain flanel bagian depan dan tempelkan velcro pada bagian belakang
  5. Siapkan 10 lembar flanel aneka warna ukuran 3x25cm, 2 lembar flanel ukuran 3x15cm, dan 1 lembar flanel ukuran 15x15cm
  6. Siapkan kancing baju ukuran besar dan kecil (lebih baik menggunakan kancing warna-warni jika ada)
  7. Ambil 5 flanel 3x25cm, rekatkan pada flanel ukuran 3x25cm pasang kancing diatasnya
  8. Siapkan velcro (bagian halus) kurang lebih 15cm, rekatkan pada 5 kain flanel yang telah disiapkan
  9. Ulangi no. 6 untuk 5 lembar flanel sisanya
  10. Rekatkan angka pada flanel dengan lem tembak
Sambungkan A dan B dengan jahit tangan/lem
Membubuhkan lem pada flanel. Hati-hati dengan lem panasnya 
Cara Bermain :
  1. Orang tua bercerita tentang kebun binatang
  2. Ajak anak bereksplorasi dengan mobil-mobilan
  3. Ajak anak memasangkan binatang sesuai dengan 'kandang'nya
  4. Ajak anak melafalkan abjad, mengambil dan memasang sesuai abjad yg dipilih
  5. Ajak anak menyanyi lagu ‘ABC’ dan lagu lain yang berkaitan
  6. Ajak anak melafalkan angka
  7. Biarkan ia bereksplorasi dengan velcro dan puzzle nya

Tujuan Permaianan Busy Mat dari Kain Flanel:
  1. Melatih sensory
  2. Melatih motorik halus 
  3. Melatih imajinasi
  4. Mengenalkan bentuk
  5. Mengenalkan angka
  6. Mengenalkan warna
  7. Melatih konsentrasi
This is It! Hasna's Busy Mat
Selamat mencoba, Ayah-Bunda. Semoga bermanfaat.
PS: sayangnya (lagi-lagi) tidak bisa memfoto step bu step. Semoga next project bisa lebih rapi dan lebih ‘niat’ mengambil foto untuk tutorial. Aamiin... well, memang sebelumnya tidak ada ide untuk membuat postingan ini. Tiba-tiba saja menjelang deadline #OneDayOnePost yang mengena di otak justru ini, bukan artikel lain yang sudah setengah jadi. 

13 komentar:

  1. Iii lucu ya. Berkreasi dirumah bisa jadi ladang edukasi buat si kecil. Mupeng mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak... ini jarang2 sih bisa bikin. ehehe

      Hapus
  2. Iii lucu ya. Berkreasi dirumah bisa jadi ladang edukasi buat si kecil. Mupeng mak

    BalasHapus
  3. Catat lagi nih...
    Thanks ya mbak sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba Diah.. moga bermanfaat :)

      Hapus
  4. Wow telaten bener bunda hasna ini.. keren diajeng, meski cengel kemeng tp puas ya liat hasilnya.. palagi anak wedok jd busy gitu. Sip sip..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba, ini juga motivasinya karena ada challenge di grup rumah main anak. eheheh

      Hapus
  5. Lucu2 bangeet hewannya, rajin mak, keren deh :)

    BalasHapus
  6. Ulasannya sangat menarik. Kreatif sekali mbak. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,