Selasa, 24 Mei 2016

Mengatasi Kutu Rambut pada Anak

Jaman sekarang anak masih kutuan? Ih...! ibu-nya nggak becus ngurus mereka!
Ups! Ayah-Bunda pernah mendengar ucapan seperti ini? Hm.. tak perlu baper ya, anggap saja angin lalu yang sedikit kencang. Kita masih bisa melewatinya sambil lambai-lambai tangan dan kibas jilbab, hehe.
Kutu rambut memang sesuatu yang gampang-gampang susah. Gampang nyebarnya dan cukup susah membasminya. Seseorang (terutama anak) terkena kutu rambut bukan masalah tidak bersih atau ibunya tidak pandai ngopeni. Dalam banyak kasus, kutuan terjadi karena penularan yang begitu cepat dari satu orang ke orang lain terutama jika tidur bersama. Bahkan kontak hanya dengan memakai jilbab/mukena bergantian pun bisa menularkan benih kutu rambut.
Salah seorang kenalan bercerita anaknya terserang kutu rambut dan menular kepada adik-adiknya yang masih balita. Darimana si kakak ‘mendapat’ kutu? Ternyata dari acara menginap bersama teman sekolahnya. Mau bagaimana lagi? Menginap adalah salah sau program di sekolah si kakak yang bertujuan mengeratkan hubungan sesama teman sekaligus belajar beribadah sejak dini. Masalah kutu adalah efek samping yang tidak diinginkan tapi bukan masalah utama, karena bisa diatasi. Lebih baik mengatasi kutu rambut daripada harus membatasi anak saat bersosialisasi dengan teman-temannya, begitu kata teman saya.

Selasa, 10 Mei 2016

Memilih Camilan Sehat untuk Buah Hati

Assalamu’alaikum, Ayah-Bunda..
Apa kabar, semua? Semoga sehat ceria selalu dan semangat membersamai buah hati.
Ayah Bunda sering nggak sih ‘kecolongan’ si-Kecil makan camilan atau jajanan sembarangan? Hm... kalau sudah begini rasanya galau sekali ya? Khawatir dengan kondisi dan sistem pencernaandan imunnya yang belum seperti orang dewasa. Selain itu, banyak jajanan yang membuat si-Kecil ketagihan padahal mengandung banyak zat aditif seperti pewarna, pemanis, pengawet, dll.
Jadi bingung nggak sih bagaimana memilih camilan untuk si-Kecil? Saya iya lho Ay-Bund... apalagi dekat rumah ada warung dan si-Kecil sudah paham kata ‘jajan’. Harus waspada banget terutama saat memilih jajanan yang aman untuknya.
Paling aman tentu saja camilan homemade, berkerasi dengan bahan-bahan makanan yang sehat dan alami. Selain dibuat dan dihidangkan sepenuh cinta, bahagia rasanya saat si-Buah hati melahap makanan hasil jerih payah kita berjibaku di dapur.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih camilan/jajanan untuk si-Kecil: