Sabtu, 03 Juni 2017

Cara Mudah Cegah Stretch Mark Pasca Hamil


Assalamu'alaikum, Ayah-Bunda

Bagaimana puasanya nih? Lancar kan? Alhamdulillah.. Semoga untuk bunda yang sedang hamil dan atau menyusui pun senantiasa diberi kekuatan dan kesehatan sehingga bisa beribadah dengan lancar dan optimal. Aamiin...

Bunda yang sedang hamil sering merasa gatal di bagian perut lalu memggaruknya? Pasti dilarang kan sama orang tua karena takut menimbulkan bekas yang mirip cakaran atau kita kenal dengan istilah stretch mark.
Pastinya si strech mark ini juga membuat resah kaum hawa sekaligus kaum adam. Meski di bagian perut yang lebih sering tertutup, rasanya aneh melihat bagian tubuh yang belang-belang.
Hal ini sebenarnya wajar terjadi karena perut saat hamil mengembang dan tertarik menjadi besar menyesuaikan usia janin, maka setelah si bayi lahir bagian kulit yang dulunya mengembang akan mengempis lagi tapi sulit untuk kembali seperti semula. Bayangkan saja balon karet yang sudah diisi angin, saat si balon kempis pasti bentuknya tidak akan sama lagi dengan saat sebelum diisi angin.



Sebenarnya ada cara efektif untuk mencegah supaya tidak terjadi strecth mark setelah melahirkan. Kuncinya adalah JAGA KELEMBABAN SEKITAR PERUT. Menjaga kelembaban kulit penting sekali karena akan berpengaruh pada elastisitasnya. Semakin lembab semakin kuat daya elastisitasnya, begitu sebaliknya.

Mengoleskan minyak zaitun atau baby oil ke perut akan sangat bermanfaat dan membantu menjaga kelembaban.
Tidak percaya? Saya pun dulunya hanya setengah percaya dengan saran seorang teman untuk membalur perut dengan minyak zaitun atau baby oil supaya terhindar dari stretch mark. Meski saya tidak percaya 100% ternyata dulu saya mengikuti sarannya, kebetulan selalu sedia minyak zaitun untuk pijat.

Dan hasilnya menakjubkan! Begitu melahirkan, hanya tersisa sedikit kulit menghitam yang lama kelamaan bersih seperti semula. Tidak ada stretch mark sama sekali! Alhamdulillah.. Bersyukur waktu itu mau mengikuti saran teman.

Selain menjaga kelembaban kulit luar, ibu hamil juga disarankan untuk memgkonsumsi banyak buah dan sayur juga air putih agar kelembaban alami kulit terjaga.
Bye bye stretch mark!

Semoga bermanfaat ya,
Salam,

4 komentar:

  1. Karena suka garuk2 perut apa pengaruh juga, Mbak? :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang paham pastinya Mbak.. mungkin kalau garuk-garuk dan kondisi kulit perutnya kering jadi ngaruh ya..
      aku juga dulu sering garuk-garuk ko Mba, lha wong guatel banget. tapi alhamdulillah nggak ada bekasnya :)

      Hapus
  2. Tips nya pas banget kan, kakakku lagi isi, jadi bisa sharing ke dia, makasih mbak :D

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,