Minggu, 18 Januari 2015

Tips Agar Punya Banyak Clodi

_Clodi. doc pribadi_
Ibu-ibu pastinya dikenal jadi makhluk yang paling hemat (baca: irit) di satu sisi dan gila belanja di sisi lain. Nah, masalah terpenting adalah kadang kita (baca: ibu) harus terpaksa ngirit karena kondisi. Harga barang pokok yang makin naik sementara gaji tidak ikut naik, atau kebutuhan bertambah karena bertambahnya usia atau berubahnya pola hidup; makin membuat para ibu harus mengencangkan urat lehernya.
Salah satu hal yang hampir pasti dialami oleh semua pasangan adalah mengurus bayi. Terbayang kan, repot dan banyaknya anggaran yang harus dikeluarkan untuk malaikat kecil itu?. Contoh kecilnya masalah sederhana: POPOK yang sangat berpotensi menjadi tidak sederhana. 
Apatah perihal popok ini bisa menjadi hal yang rumit? Hm... Kalau dijelaskan bakal panjang kali lebar sama dehgan luas.
Namanya masih bayi tentu pup dan pee masih belum bisa mengatur sendiri dan harus dibawah pengawasan orang tua. Bayi new born bisa pee dan pup berkali-kali sehari (indikator kesehatanya, min 6x pee). Kadang ada saat ketika sikecil 'menggoda' dengan bertingkah polah dan BAK saat baru diganti popoknya. Bagi ibu yang full dirumah barangkali bisa telaten memakai popok/celana biasa tanpa pospak tapi bagi yang sibuk, pospak menjadi alternatif yang menggiurkan.
Kembali masalah berhemat, memakai pospak tentu tidak bisa dibilang hemat. Salah saorang teman yang memakai pospak untuk anaknya yang baru lahir, bisa habis sampai 15pcs per hari karena setiap kali BAB khususnya harus diganti pospaknya. Kalau dihitung rata-rata harga pospak new born @Rp.1.500x15pcs = Rp.675.000 sebulan alias 30 hari. Teman yang lain mengaku menganggarkan pospak Rp.250.000 untuk bayinya yang berumur 15 bulan. Jumlah yang tidak sedikit kan?. Jika mau beralih ke clodi (cloth diaper) tentunya pun tidak mudah, apalagi terasa mahal di awalnya. 

Clodi? makanan apaan tuh? hehehe yuk atuh intip disini 

Tips beralih ke clodi
  1. Niat ikhlas untuk beribadah dan menjaga lingkungan dan mengurangi sampah
  2. Niatkan demi buah hati dan mengajarinya untuk hidup bersih dan cinta lingkungan
  3. Rajin nyuci
  4. Jadikan ritual perawatan clodi : nyuci dengan tangan, stripping, dll sebagai hobbi

Tapi yang sering menjadi kendala saat ada keinginan beralih ke clodi adalah harga clodi yang cukup mahal, berkisar @70.000. Ini juga yang membuat ibu-ibu maju mundur memilih clodi.
Yuk, intip tipsnya
  1. Anggarkan membeli 1-3 pcs clodi saat persiapan melahirkan/saat bayi belum lahir
  2. Sisihkan anggaran bulanan untuk pospak (misalkan setiap bulan butuh 3 pak pospak, sisihkan 1 pak untuk beli clodi. Selanjutnya clodi yang sudah disiapkan sejak sebelum lahir bisa digunakan selang seling pospak-clodi). Jika tiap bulan bisa menyisihkan 1 clodi, 3 bulan pertama sudah punya 3 clodi. Total 6 clodi. Dengan 6 clodi cukup untuk pemakaian di rumah demgan kejar tayang cuci: cuci-kering-pakai dan persediaan pospak bisa digunakan untuk keperluan saat membawa bayi acara di luar dan cukup lama.
  3. Bulan selanjutnya, tetap menyisihkan anggaran beli clodi hingga minimal punya 12pcs alias 1 lusin. Punya lebih banyak akan lebih baik, moms.
  4. Berteman dengan distributor clodi di fb atau BBM, pantau jika sewaktu-waktu ada hot promo
  5. Kadang ada yang jual clodi reject (ini bukan rusak clodinya, hanya kadang ada print yang kurang jelas atau warna mleber jadi tidak mempengaruhi fungsi). Harganya cukup terjun bebas.
  6. Jangan gila warna/motif, karena clodi yang warnanya cantik dan motifnya lucu bisa buat semua orang tergoda untuk membelinya. Cukup beli clodi dengan motif netral sehingga bisa untuk baby girl/boy, atau jangan pedulikan motif karena biasanya pakai clodi pun tetap dipakaikan celana.
  7. Perbanyak pilih clodi double insert agar punya stok insert lebih banyak
  8. Perlu menjadi catatan juga, 12 clodi cukup  ketika cuaca tidak mendung/hujan sehingga bisa kering dalam satu hari dan untuk besoknya masih ada stok clodi kering. jika musim hujan butuh clodi tambahan atau tambahan pospak sementara waktu
Bagi yang baru punya sedikit clodi, jangan berkecil hati, masih bisa diusahakan dan disiasati pemakaiannya.
Pospak mahal tapi praktis, sedangkan clodi lebih hemat tapi butuh perawatan ekstra. Semua punya kelebihan dan kekurangan, tentu. Silakan memilih. 
Selamat mencoba dan semangat berclodi, bunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,